abstrak HotPotatoes

MENGEKSPLORASI HOTPOTATOES SEBAGAI PROGRAM PENGEMBANG PAKARTI

Edy Wihardjo, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Matematika, PMIPA FKIP Universitas Jember
Pendidikan Matematika, PMIPA FKIP Universitas Muhammadiyah Jember
edy.fkip@unej.ac.id

Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBKom) merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa prodi pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Jember dan Universitas Muhammadiyah Jember. Penyajian matakuliah tersebut bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam hal merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer atau di makalah ini, disebut perangkat ajar berbasis Teknologi Informasi atau disingkat pakarTI. Sebagai bahan evaluasi, pada akhir perkuliahan, mahasiswa secara mandiri atau berkelompok merancang dan mengembangkan pakarTI. Setelah mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa diharapkan akan menerapkan pakarTI dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah ketika kelak mereka menjadi guru.

Pengembangan pakarTI memerlukan program pengembang (development tool), misalnya: Java, VisualBasic, Delphi, PowerPoint, dan Flash. Bahasa pemrograman Java, VisualBasic, dan Delphi menuntut pengetahuan dasar pemrograman yang advanced. PowerPoint dan Flash relatif lebih mudah, karena mahasiswa pernah mempelajarinya ketika menempuh matakuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Algoritma Pemrograman. Oleh karena itu, pada tahun akademik 2005/2006 dan 2006/2007 perkuliahan PBKom menggunakan PowerPoint dan Flash. Namun, berdasarkan evaluasi akhir perkuliahan, ditemui sejumlah kendala, antara lain: pakarTI yang dikembangkan menggunakan PowerPoint memiliki kelemahan terutama yang memuat soal latihan karena pengguna, dalam hal ini siswa, dapat mengabaikan slide pertanyaan dengan membypass langsung menuju slide jawaban. Kedua, program Flash yang digunakan di laboratorium komputer merupakan versi trial karena pengadaan program Flash Professional CS4 version 10 memerlukan dana 700 US$ atau senilai Rp. 8.470.000,00.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti melakukan eksplorasi program pengembang pakarTI alternatif yang relatif murah, tidak memerlukan spesifikasi komputer canggih dan tidak menuntut pengetahuan dasar pemrograman yang advanced. Peneliti memfokuskan pada pemanfaatan HotPotatoes karena merupakan program pengembang pakarTI yang tidak berbayar jika digunakan di lingkungan pendidikan.

Penelitian ini melalui sejumlah tahapan. Pertama, browsing informasi mengenai HotPotatoes di Internet (tutorial, forum diskusi). Kedua, mengunduh (download) HotPotatoes dari situs http://hotpot.uvic.ca/. Ketiga, mempelajari referensi tentang HotPotatoes. Keempat, melakukan kegiatan pembelajaran sejumlah 16 pertemuan. Pada dua pertemuan pertama, pembelajaran membahas teori pakarTI meliputi: pengertian pakarTI, jenis pakarTI, komponen pakarTI, sejarah penerapan pakarTI, kelebihan dan kekurangan pakarTI, kriteria pakarTI yang baik, program pengembang (development tool) dan prosedur pengembangan pakarTI. Pembelajaran teori dilakukan di kelas dan praktikum di laboratorium komputer. Teori dan praktikum pengembangan pakarTI dibagi menjadi dua sesi, menggunakan Flash dan HotPotatoes, masing-masing terdiri dari tujuh pertemuan. Kemudian, di akhir tiap sesi dilakukan evaluasi.

Lebih khusus, penyajian teori dan praktikum pengembangan pakarTI menggunakan HotPotatoes dilakukan masing-masing selama tiga pertemuan. Selanjutnya, mahasiswa mengembangkan pakarTI secara berkelompok. Pembelajaran HotPotatoes dikhususkan pada pengembangan pakarTI berupa soal pilihan ganda menggunakan JQuiz dan soal berupa teka-teki silang menggunakan JCross. Kemudian, tugas akhir mahasiswa disajikan secara online di blog pembelajaran https://pakarti.wordpress.com dan http://edywihardjo.blog.unej.ac.id.

Sebagai kesimpulan: HotPotatoes memiliki kemampuan memadai untuk dijadikan sebagai suatu program pengembang pakarTI. HotPotatoes dapat disandingkan dengan Flash sebagai suatu program pengembang pakarTI. Kemudian, sebagai saran karena HotPotatoes merupakan suatu program pengembang pakarTI yang relatif baru dikenal, maka dipandang perlu mengembangkan buku ajar dan panduan praktikum matakuliah PBKom khususnya HotPotatoes.

akan disajikan pada Seminar Nasional Matematika di Unesa Surabaya pada Sabtu, 20 Juni 2009.

Lampiran

  1. http://adf.ly/Nesuquiz
  2. http://adf.ly/NTnvcrossword
  3. http://adf.ly/Nf6Msoal PG Matematika SMP
  4. http://adf.ly/NfSUTTS Matematika SMP

One thought on “abstrak HotPotatoes

  1. assallammualaikum…

    pak edy..
    saya ilham (5B fkip mtk UMJ)

    saya mw request..
    cara mengembangakan HotPotatoes dengan moodle..

    hal itu sbgai penunjang mata kuliah evaluasi hasil balajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s