menomori halaman

Prolog

Sering saya berinteraksi dengan (memeriksa) karya tulis mahasiswa, baik berupa makalah, artikel, maupun skripsi. Satu yang perlu mendapat catatan yaitu mengenai penomoran halaman. Pada Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah, disebutkan bahwa penomoran halaman diletakkan di sudut kanan atas kecuali nomor halaman awal suatu bab yang diletakkan di bagian tengah bawah. Penomoran halaman yang berbeda tersebut biasanya ‘menyulitkan’ mereka atau sebenarnya karena mereka belum mampu memanfaatkan fitur program pengolah kata, Microsoft Word, untuk membuat penomoran halaman yang berbeda. Sebagai jalan pintas, mereka memberi nomor halaman di sudut kanan atas secara normal. Kemudian, pada halaman awal bab, nomor tersebut ditimpa dengan image berwarna putih. Selanjutnya mereka menambahkan kotak teks di bagian tengah bawah yang bertuliskan nomor halaman.

Sebagai suatu akal-akalan, cara ini memiliki sejumlah kelemahan. Pertama, jika mereka mengurangi atau menambahkan teks di halaman awal bab, maka kotak teks bertulis nomor halaman akan naik atau turun dari tempat semula. Kedua, jika mereka mengurangi atau menambahkan teks sejumlah satu halaman atau lebih, maka kotak teks bertulis nomor halaman akan tidak sesuai lagi sehingga perlu diupdate.

Sebagai solusi, gunakan fitur page break untuk membagi tulisan menjadi beberapa section. Section memungkinkan anda menerapkan pengaturan yang berbeda antar section, misalnya di section pertama nomor halaman di bagian tengah bawah, di section dua nomor halaman di sudut kanan atas. bahkan, anda juga bisa memformat halaman berbeda, misalnya di section pertama portrait, di section kedua landscape antara lain untuk menampilkan tabel.

Video tutorial berikut, menomori halaman yang berbeda di Microsoft Word 2003, dibuat menggunakan Macromedia Captivate. Silahkan klik [download#30] untuk menampilkan. Jika tutorial ini bermanfaat bagi anda atau anda ingin memberi masukan, silahkan tulis komentar di bagian bawah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s