abstrak penerapan open-ended

abstrak penerapan open-ended

Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan hasil belajar1

oleh: Edy Wihardjo2, Christine Wulandari3, Yulianti4
2Dosen pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember
3Dosen pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah
4Mahasiswa pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Jember

Ketuntasan klasikal pembelajaran matematika siswa kelas VIIIA tahun ajaran 2007/2008 MTs Nurul Amien Sumberejo Besuki sangat rendah. Dalam kegiatan pembelajaran, siswa pasif, takut bertanya, takut mengemukakan pendapat dan tergantung pada guru.

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti dan guru matematika sepakat melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan open-ended yaitu pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan lebih dari satu penyelesaian yang benar. Pendekatan open-ended memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuannya, sehingga kemampuan berpikir matematis siswa dapat terkomunikasi melalui proses pembelajaran.

Kendati baru pertama kali diterapkan, pendekatan open-ended mampu meningkatkan aktivitas siswa, mulai dari 70,8; 78,3 dan 83,6 persen pada pertemuan pertama hingga ketiga dan meningkatkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,4 persen melampaui kriteria minimal 60 persen.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penerapan pembelajaran dengan pendekatan open-ended, guru seyogyanya merancang materi pembelajaran secara efektif, mengelola waktu pembelajaran secara efisien, dan menyediakan buku penunjang yang memadai.

1disajikan pada Seminar Nasional Matematika Tahun 2009 di FMIPA Universitas Jember Sabtu, 28 Februari 2009.

36 thoughts on “abstrak penerapan open-ended

  1. menurut saya penerapan pembelajaran dalam menggunakan pendekatan open-ended memberikan kebebasan kepada para siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga para siswa tidak hanya pasif menirukan contoh yang diberikan oleh gurunya,para siswa dapat menyelesaikan permasalahan dengan caranya sendiri dan mendapat pengalaman yang berharga dalam bentuk kepuasaan dalam proses menemukan jawaban.

  2. Menurut pendapat saya dengan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan open ended sangat baik bagi perkembangan pola pikir siswa maupun gurunya. Dengan menggunakan pendekatan ini siswa akan menjadi lebih aktif dan memiliki kebebasan dalam memecahkan suatu masalah. Dengan metode ini siswa dapat memiliki lebih dari satu pemecahan masalah, sehingga setiap masalah siswa dapat memecahkannya sendiri. Maka kemampuan siswa akan bertambah lebih lagi karena siswa menjadi lebih aktif.

  3. Saya setuju dengan diterapkannya pendekatan open-ended karena dengan pendekatan ini siswa diberikan kesempatan luas untuk berpikir dan mangaplikasikan secara bebas apa yang ada di pikirannya. Siswa dapat saling dapat bertukar pikiran baik antara guru atau siswa, berani bertanya atau pun sharing sehingga rasa ingin belajar siswa dapat terpacu. Dengan pendekatan ini proses pembelajaran bisa lebih terbuka, di samping itu aktivitas dan hasil belajar siswa juga dapat meningkat.

  4. Saya setuju dengan diterapkannya pendekatan open-ended karena bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan pendekatan open-ended ini terlihat jelas bahwa peran guru di sina adalah sebagai fasilitator yang memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan siswa dalam kegiatan belajar. Dengan kata lain guru tidak lagi mempunyai peran yang dominan dalam kegiatan belajar sehingga siswa akan memperoleh banyak kesempatan untuk saling diskusi dan bertukar pendapat satu sama lain. Hal inilah yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam belajar dan tidak lagi tergantung pada guru. Di samping itu, dengan disajikannya beberapa penyelesaian dari suatu permasalahan maka akan membuka kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan pendapatnya secara bebas sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Hal ini bagus karena dapat melatih kreativitas siswa dalam berpikir untuk memahami dan mengkaji suatu permasalahan. Pembelajaran yang seperti ini yang bisa membuat proses belajar menjadi efektif dan efisien.

  5. Menurut saya setuju, dengan menerapkan pendekatan open-ended tersebut siswa dapat mengeksplorasi berfikirnya secara bebas sesuai dengan bakat dan minatnya. Dengan adanya pendekatan tersebut bertujuan agar siswa di dalam kelas tidak bersifat pasif dengan selalu mendengarkan guru saat mengajar. Hal ini akan berdampak negatif pada perkembangan siswa. Karena siswa tersebut akan cenderung menjadi siswa pemalas dan cepat jenuh yang akan berpengaruh pada hasil prestasinya.

  6. Saya setuju dengan adanya penerapan pendekatan open-ended karena bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang mulanya siswa pasif, takut bertanya, tapi dengan adanya penerapan pendekatan open-ended memberi kesempatan pada siswa untuk berpikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuan berpikir matematis siswa. Dapat terkomunikasi melalui proses pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penerapan pembelajaran dan pendekatan open-ended, guru seharusnya merancang materi pembelajaran secara efektif dan mengatur waktu pembelajaran.

  7. Saya setuju, dengan penerapan hasil belajar siswa dengan melakukan pendekatan open-ended, karena hal ini sangat mendukung kemampuan belajar siswa dalam melakukan interaksi belajar secara kreatif dan dapat berfikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Di samping itu sebaiknya kegiatan ini harus benar-benar didukung dan dilaksanakan secara optimal oleh pendidik, agar kegiatan ini dapat berhasil dalam mensukseskan perkembangan berfikir siswa.

  8. menurut pendapat saya,saya setuju dengan adanya penerapan open-ended,karna siswa dapat berfikir bebas sesuai kemampuannya,dengan adanya pendekatan ini kreatifitas siswa dalam berfikir untuk memahami dan mengkaji suatu pembelajaran bisa membuat kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar,disamping itu siswa dapat bertukar pikiran baik antara siswa maupun tutor/guru.Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penerapan pembelajaran dengan pendekatan open-ended, guru seyogyanya merancang materi pembelajaran secara efektif, mengelola waktu pembelajaran secara efisien, dan menyediakan buku penunjang yang memadai.Hal inilah yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam belajar dan tidak lagi tergantung pada guru.

  9. Menurut saya dengan adanya penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika dapat memberi kemudahan bagi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa, karena pendekatan open-ended ini memberi kesempatan pada siswa untuk berfikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuan siswa, sehingga siswa dapat mencapai hasil yang maksimal.

  10. saya sangat setuju sekali,,dengan adanya cara tersebut.
    karena dapat memudahkan mahasiswa untuk melakukan penyelesaian sesuai dengan minat dan kemampuannya…

  11. Menurut saya sangat bagus dan saya sangat setuju dengan diterapkannya pendekatan open – ended. Karena Dengan menggunakan pendekatan open – ended perkembangan cara berpikir dari para siswa akan lebih bagus atau lebih berkualitas. Akan tetapi disamping kita menggunakan pendekan open-ended , seorang guru atau pendidik harus juga menggunakan metode dan media yang bermacam- macam juga didalam proses pembelajaran agar peserta didik atau siswa tidak gampang jenuh didalam belajar. Sehingga dengan menggunakan beberapa inisiatif tersebut maka proses pembelajaran akan berjalan secara lancar dan efektif serta sesuai dengan tujuan yang kita harapkan.

  12. Saya sangat setuju dengan diterapkannya pendekatan open – ended, karena pendekatan open ended dapat merangsang pemikiran dari seorang siswa. Sehingga seorang siswa dapat mengembangkan dirinya dengan baik tanpa menunggu perintah dari gurunya. Apabila pendekatan tersebut di terapkan disemua lingkungan pendidikan, maka secara otomatis akan membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas SDM yang ada dinegara kita ini, dengan kata lain kualitas SDM dinegara kita akan menjadi lebih baik.

  13. Menurut saya pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended Sangat bagus dan saya sangat setuju. Hal ini disebabkan oleh pendekatan tersebut pada intinya untuk melatih agar siswa berani berfikir,lebih aktif dalam pembelajaran dan mampu mengungkapkan hasil pemikirannya. Dengan menggunakan pendekatan open ended dapat mempermudah siswa dalam mengingat pembelajaran yang telah dilaksanakan .
    Pendekatan tersebut memang sudah layak diterapkan di negara kita ini, mengingat rendahnya kualitas SDM di negara kita dan juga semakin berkembangnya ilmu pengetahuan yang mana sangat membutuhkan pemikiran – pemikiran dari SDM yang bagus dan handal.

  14. Saya sangat setuju, karena pendekatan open ended dapat merangsang pemikiran dari seorang siswa. Sehingga seorang siswa dapat mengembangkan dirinya dengan baik tanpa menunggu perintah dari gurunya. Apabila pendekatan tersebut di terapkan disemua lingkungan pendidikan, maka secara otomatis akan membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas SDM yang ada dinegara kita ini, dengan kata lain kualitas SDM dinegara kita akan menjadi lebih baik.

  15. Menurut pendapat saya, saya setuju dengan adanya penerapan pendekatan open-ended karena pendekatan tersebut dapat memudahkan siswa dan guru untuk lebih memahami proses kegiatan belajar mengajar. Di samping itu siswa dapat bertukar pikiran dengan guru. Selain itu pendekatan tersebut dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dalam berfikir untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

  16. Saya sangat setuju dengan diterapkannya pendekatan open – ended karena pendekatan open ended dapat merangsang perkembangan daya pikir siswa / peserta didik dan mampu melatih peserta didik untuk mengungkapkan hasil dari pemikirannya. Selain itu agar proses pembelajaran atau pendidikan akan semakin berhasil, seorang guru/ pendidik harus mampu menggunakan metode dan media pembelajaran yang bermacam- macam agar peserta didik merasa senang untuk belajar dan agar mereka tidak gampang jenuh. Dengan menggunakan langkah – langkah tersebut, maka dapat membantu kita ( pendidik dam peserta didik )di dalam pencapaian tujuan dari suatu proses pendidikan atau pembelajaran.

  17. Menurut pendapat saya,pendekatan open ended sangat layak untuk diterapkan karena mengingat peserta didik kita semakain lama kondisi nya sangat memprihatinkan ( malas belajar ). Sehingga dengan diterapkannya pendekatan tersebut dapat membantu peserta didik/ siswa mempunyai kesemapatan untuk mengembangkan pemikirannya. Dalam pendekatan open ended siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak hanya menunggu penjelasan dari pendidiknya , akan tetapi mereka harus lebih aktif mencari hal- hal yang dapat menunjang pendidikannya.

  18. Menurut pendapat saya open_ended sangat efektif bagi sistem perkuliahan karena peserta dapat menerapakan apa yang ia pikirkan untuk bebas dalam mengikuti proses belajar, sehingga peserta akan lebih mudah menguasai pelajaran yang diberikan.

  19. menurut pendapat saya, pendekatan open_ended yang bapak berikan sangat baik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar untuk mengembangkan pengetahuan para peserta. Dalam metode ini peserta lebih memahami karena dengan metode ini peserta lebih bebas dalam belajar.

  20. saya setuju dengan gagasan open-ended tersebut namun menurut saya hambatan tersebut muncul dari diri siswa itu sendiri jadi alangkah baiknya jika di perbaiki dari siswa itu sendiri. misalnya saja dengan guru banyak memberikan tugas pada siswa, maka mau tidak mau siswa tersebut harus mengerjakannya dan otomatis mereka akan membaca buku yang sebelumnya mereka malas untuk membacanya. memang awalnya mereka dipaksa untuk mengerjakanya namun lambat laun mereka akan bisa memahami materi yang diajarkan oleh guru mereka itu.

  21. Saya sependapat dengan metode belajar open-ended, sebab siswa dapat dengan bebas menuangkan ide-idenya tanpa merasa terkekang atau takut salah. Dengan metode tersebut komunikasi antara guru dengan murid akan lebih lancar, dan hasil belajar akan menjadi lebih efektif. tetapi peran guru juga sangat dibutuhkan untuk menyeleksi hasil ide yang baik dan yang kurang baik. semoga dengan metode tersebut para siswa tidak hanya bertindak pasif dalam pembelajaran ,tetapi dapat aktif berperan dalam proses belajar.

  22. saya setuju dengan gagasan tersebut namun menurut saya hambatan tersebut muncul dari dalam diri siswa tersebut sehingga alangkah baiknya jika di atasi dari dalam diri siswa itu sendiri. Misalnya saja guru lebih banyak memberikan tugas pada siswa sehingga siswa itu mau tidak mau harus mengerjakan tugas tersebut. otomatis dari tugas tersebut siswa akan banyak membaca buku yang sebelumnya mereka tidak mau atau malas untuk membacanya. dengan demikian lambat laun materi yang diberikan akan dapat terserap oleh siswa tersebut.

  23. Saya sependapat dengan metode open- ended, sebab dengan metode tersebut siswa akan belajar aktif tidak hanya bergantung pada guru dan materi. dengan metode tersebut siswa akan belajar mengembangkan kemampuannya sendiri dan mengeluarkan ide-idenya secara bebas tanpa merasa takut salah. komunikasi antara murid dengan guru juga akan berjalan lancar,sebab secara langsung guru akan menanggapi jawaban/ide yang diberikan oleh siswa.

  24. Saya setuju dengan penggunaan pendekatan open ended dalam pembelajaran karena pendekatan ini bisa memicu ide-ide kreatif siswa. Dengan pendekatan ini siswa bisa lebih berpikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuannya. Hal ini mungkin akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan setting kooperatif sehingga tidak hanya memicu ide-ide kreatif tapi juga membuat siswa lebih aktif. Dengan demikian mungkin bisa mengatasi problem kelas yang sering muncul yakni guru aktif siswa pasif menjadi siswa yang lebih aktif.
    Tapi pak, maksudnya penyelesaian yang benar lebih dari satu itu, apakah jawabannya yang lebih dari satu atau cara menyelesaikannya yang lebih dari satu atau mungkin kedua-duanya? jika caranya yang lebih dari satu mungkin masih bisa di gunakan untuk pembelajaran matematika, misalnya pada materi SPL tapi jika jawabannya yang lebih dari satu apakah pendekatan ini bisa digunakan dalam pembelajaran matematika, sementara matematika dikenal sebagai ilmu eksak yang saklek dengan satu jawaban yang benar ? jika bisa, materi apa yang sesuai dengan pendekatan ini ? Maaf ya pak, sekalian bertanya juga karena saya sendiri kurang paham juga dengan istilah itu.

  25. Saya setuju dengan penelitian tindakan kelas yang menerapkan open ended karena melalui pendekatan open ended dapat memberi kesempatan pada siswa untuk berfikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuannya, sehingga dengan begitu siswa tersebut dapat mengaktualisasikan kemampuan dan pengatahuan yg mereka miliki.

  26. saya setuju dengan penelitian tindakan kelas yang menerapkan pendekatan open ended karena melalui pendekatan open ended dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir bebas sesuai dengan minat dan kemampuannya,sehingga dengan begitu siswa tersebut dapat mengaktualisasikan kemampuan dan pengetahuan yang mereka miliki.

  27. saya setuju sekali dengan penelitian tindakan kelas yang menerapkan open ended karena sangat berguna sekali untuk melatih siswa supaya berfikir secara aktif dan kreatif. agar kedepannya siswa tidak bergantung kepada guru, mengingat sebelum diterapkan pembelajaran ini para siswa hanya menunggu guru terlebih dahulu untuk menjelaskan maka dengan adanya penerapan open ended ini siswa akan lebih mandiri untuk kedepanya. sampai mereka menginjak ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi.
    trimakasih

  28. Saya setuju dengan penggunaan pendekatan open ended dalam pembelajaran karena pendekatan ini bisa mengembangkan kemampuannya sendiri dan mengeluarkan ide-idenya secara bebas tanpa merasa takut salah.

  29. Saya sangat setuju dengan diterapkannya pendekatan open – ended karena pendekatan open ended dapat memberikan kebebasan kepada para siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran

  30. Model tersebut sangat cocok dengan kemampuan/potensi dari peserta didik. karena setiap peserta didik memiliki potensi yang berbeda-beda dari perbedaan potensi yang berbeda tersebut akan mengakibatkan model belajar yang berbeda-beda. dengan model belajar open ended peserta didik diberi kebebasan untuk memilih model belajar yang akan digunakan. sehingga akan memudahkan penyerapan materi pelajaran.

  31. setuju,pendekatan open-ended membebaskan siswa untuk mengeluarkan pendapat (aktif)tidak pasif di dalam kelas.hal itu kan lebih mempermudahkan pesarta didik untuk mencerna materi.karna tidak ada unsur mengekangan terhadap potensi siswa.

  32. Menurut pendapat saya, untuk menjadikan dan menciptakan cara belajar yang baik, efektif, dan berhasil seorang pendidik atau guru harus bisa memberikan segala kemampuannya yang dimiliki seorang pendidik tersebut kepada peserta didiknya. Misalnya dengan cara lebih mendekatkan dirinya kepada peserta didiknya terutama dari segi psikologisnya serta pendidik tersebut harus bisa menularkan semua ilmu yang dimilinya kepada peserta didik agar dapat menciptakan anak-anak didik yang berkualitas dan berkompeten. Serta buku-buku penunjang juga sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.

  33. menurut pendapat saya, saya setuju dengan di adakannya program open-ended karena dengan adanya open-ended siswa bisa banyak mengatahui bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan cara yang berbeda-beda sehingga siswa bisa berfikir secara kreatif sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki dan minat yang di inginkan. selain rtu dengan adanya program open-ended siswa bisa pro aktif dalam kegiatan belajar mengajar karena di dalam open-ended siswa bebas bebas dalam berfikir, mengajukan pertanyaan dan berkomentar.

  34. saya sedang menerapkan tentang open ended, dan banyak tantangan karena anak didik sejak lama tidak terbiasa dengan soal2 divergen, kesulitan memberikan kaitan dengan soal, dan butuh latihan agar mereka bisa berpikir kritis, namun saya yakin semua tahap kognitif serendah apapun bisa menyelesaikan open ended sesuai level mereka masing2

    • Apa yg Anda alami merupakan suatu tantangan krn menerapkan sesuatu yg baru. Namun jika yakin, Anda akan bisa mengatasinya. Selamat ber-eksplorasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s